Selasa, 04 Februari 2014

Karburator Dan Fungsinya








BAGIAN DAN FUNSI KARBURATOR

 


  1. Tutup jarum skep
    berfungsi untuk menghubungkan jarum sekep dengan olor gas yang menggerakkan jarum skep naik turun ketika gas di tarik.
  2. kancing jarum skep berfungsi untuk mengancing jarum skep dengan skep ( throttle valve ) agar jarum tidak terlepas dari skep ketika skep digerakkan.
  3. Jarum skep
    berfungsi untuk mengatur jumlah bensin yang keluar dari mulut nozzle.
  4. Skep berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya udara yang masuk kedalam ruang karburasi.
  5. Ruang jarum skep / pipa saluran udaraberfunsi menjadi ruangan untuk skep
  6. Baut pengatur udara berfungsi untuk mengatur udara agar mesin stasioner
  7. Nozzle / main jet
    berfungsi untuk jalur keluarnya bensin dari tampungan bensin keruang bakar.
  8. Jarum pengapung ( needle valve ) berfungsi untuk mengatur masuknya bensin dari tangki bensin keruang karburasi.
  9. Pengapung
    berfungsi untuk mengatur membuka dan menutupnya jarum pengapung dari pipa saluran bensin keruang karburasi. Prinsip kerjanya adalah ketika ruang karburasi dalam keadaan kosong maka pengapung tersebut akan bergerak turun yang di sebabkan oleh gaya grafitasi. Sehingga jarum pengapung akan bergerak turun sehingga mengakibatkan saluran bensin terbuka kemudian bensin akan masuk kedalam karburasi. Setelah karburasi tersebut penuh maka secara otomatis pengapung akan bergerak naik dan mendorong jarum pengapung keatas yang mengakibatkan tersumbatnya saluran bensin dari tangki.
  10. Engsel atau kancing pengapungberfunsi untuk menguci/menahan pelampung
  11. Chuke berfungsi untuk memperkecil tekanan udara yang masuk keruang bakar.
  12. Tampungan bensin ( Mangkok )
    berfungsi menampung bensin yang mengalir dari tangki bensin
  13. Filter dan kran bensinberfunsi untuk menyaring bensin dan membuka dan menutup aliran bensin yang menuju tampungan bensin (mangkok )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar